Games Komsel yang Seru
("Menebak Warna Lawan")
Games ini dapat dimainkan dalam komsel (cellgroup) tatap muka maupun dalam komsel secara online via zoom.
Tujuan Games:
Games ini dapat menjadi icebreaker yang menarik untuk mendorong
percakapan antar anggota komsel dan mendorong setiap anggota komsel untuk
semakin akrab dan mengenal satu sama lain.
Jenis Permainan:
Individual (*Tanpa Membagi Kelompok)
Peralatan: ---
Langkah Permainan:
- Setiap peserta duduk dalam bentuk lingkaran dan menentukan siapa giliran pertama.
*Kalau komsel dilakukan secara online menggunakan ZOOM, tentukan siapa
peserta pertama.
- Pemimpin games memulai games dengan memberikan kesempatan setiap anggota untuk masing-masing menentukan warna yang ia mau pilih, antara warna merah atau kuning atau biru atau hijau.
- Cara memilih warna dilakukan secara bertahap.
Misal:
Siapa yang mau pilih warna merah? Setelah selesai merah, baru dilanjutkan, “siapa yang mau pilih warna hijau?”.
Setelah selesai hijau, baru
dilanjutkan masing-masing warna kuning, dan kemudian biru.
- Satu peserta hanya boleh memilih satu warna. Tuliskan di dalam sebuah kertas warna yang dipilih,
*Kalau komsel dilakukan secara online menggunakan ZOOM, jawaban
dikirimkan kepada pemimpin games menggunakan fitur chat. Jangan kirimkan ke
semua orang di dalam meeting, melainkan hanya kepada pemimpin games.
- Peserta pertama akan memilih seorang peserta lainnya secara bebas, dan DALAM 60 DETIK berusaha menebak warna apa yang peserta lain tersebut miliki.
Untuk melakukannya, ajukan pertanyaan bebas sebagai pancingan kepada
peserta tersebut, seperti:
Berapa umur?
Siapa nama pasanganmu?
Apa makanan favorit?
Terakhir: apa warna yang kamu pilih?
Tips: Ajukan pertanyaan yang kita tahu ia menjawab jujur atau bohong.
- Jika ia (misal: Budi) yakin bahwa warna peserta itu (misal: Lisa) sama dengan warna yang ia miliki, ia boleh mengambil keputusan AMBIL. Atau jika tidak yakin, ia boleh mengambil keputusan PASS (Lewat).
- Peserta akan menang, ketika ia berhasil menebak orang yang mendapatkan warna yang sama dengan warna ia sendiri pilih.
Contoh:
Peserta 1 (misal: Budi) yang memilih warna merah, berhasil menebak
peserta yang ia tunjuk (misal: Lisa) memiliki warna merah juga.
- Konfirmasi dilakukan oleh pemimpin games, bukan oleh peserta games.
- Jika berhasil menebak, maka peserta 1 maupun peserta yang ia tebak tidak lagi mengikuti permainan.
- Point diberikan kepada peserta yang berhasil menebak, sementara peserta yang warnanya tertebak, menunggu untuk dihukum di akhir permainan.
- Jika peserta 1 (misal: Budi) salah menebak warna yang peserta lain miliki, maka peserta 1 menjadi giliran terakhir untuk bermain; sementara peserta yang gagal ia tebak (misal: Lisa) menjadi peserta berikutnya yang bermain.
- Games akan selesai, ketika peserta hanya tinggal dua orang saja. Artinya ronde terakhir dimainkan oleh 4 orang.
- Dua peserta terakhir bersama-sama dengan peserta yang warnanya sudah tertebak di dalam permainan akan melakukan undian siapa yang kalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar